Pesbuk Saya

Pesbuk Saya

Sejarah Perkembangan Proses Keperawatan


Sejarah Perkembangan Proses Keperawatan


Proses keperawatan merupakan lima tahap proses yang konsisten sesuai dengan perkembangan profesi keperawatan.Proses keperawatan teresbut pertama kali dijabarkan oleh “ Hall (1955) “.Pada tahun 1967 “ Yura dan Walsh “ menjabarkan menjadi empat tahap proses: Pengkajian, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.Pada tahun 1967, edisi pertama proses keperawatan dipublikasikan. Pada edisi tersebut, tahapan proses keperawatan meliputi : Pengkajian, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi.
Sejak edisi kedua (1973) dipublikasikan tentang proses keperawatan semakin meningkat.Pada pertengahan tahun 70-an “ Bloch (1974), Roy (1975), Mundinger dan Jauron (1975), Aspinall (1976) menambahkan tahap diagnosa sehingga proses keperawatan menjadi lima tahap, yaitu : Pengkajian, Diagnosa, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.
Sekarang hamper semua buku tentang proses keperawatan selalu mencantumkan proses keperawatan yang digunakan sebagai kerangka kerja, dasar pengantar dari kajian ilmu keperawatan.Dengan berkembangnya waktu, proses keperawatan telah dianggap sebagai suatu dasar hokum praktik keperawatan.
ANA ( American Nursing Assocation 1973 ) menggunakan proses keperawatan sebagai suatu pedoman dalam pengembangan Standar Praktik Keperawatan. Proses keperawatan telah digunakan sebagai suatu kerangka konsep kurikulum keperawatan.
Definisi dan tahap pada proses keperawatan telah digunakan sebagai dasar pengembangan Standar Praktik Keperawatan, Sebagai kriteria dalam program sertifikasi, Sebagai definisi dan standar legal praktik keperawatan. Secara normal semua kurikulum pendidikan keperawatandi Indonesia ( Akademi Keperawatan dan S1 keperawatan ) menggunakan proses keperawatan sebagai kerangka kerja penjabaran kurikulum.




                                                                                  
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim,
Alhamdulillah kami mengucap puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayah, serta inayah-Nya kepada kita semua sehingga kami dapat menyusun makalah sederhana ini dengan lancar tanpa hambatan apapun.Kita telah sama-sama mengetahui bahwa suatu Proses Keperawatan sangat dibutuhkan khususnya bagi seorang perawat sebagai pedoman dalam melakukan sebuah asuhan keperawatan terhadap pasien.Jika seorang perawat mengetahui suatu Proses Keperawatan dengan baik, maka seorang perawat tersebut akan dapat melakukan asuhan keperawatan dengan baik pula, sehingga pasien merasa puas dan nyaman dengan perawatan yang perawat berikan.
Dalam makalah sederhana yang kami buat ini menyajikan beberapa materi yang berhubungan dengan Proses Keperawatan yang meliputi aspek :
1).Pengertian Proses Keperawatan,
2). Sejarah Perkembangan Proses Keperawatan,
3). Pentingnya Proses Keperawatan,
4). Karakteristik Proses Keperawatan,
5). Tujuan Proses Keperawatan.
Kami menyadari bahwa meskipun kami telah berusaha keras untuk menyusun makalah sederhan ini, tentunya masih ada beberapa kekurangan.Oleh karena itu, saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan makalah sederhana ini. Kemudian, kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam penyusunan makalah sederhan ini, kami mengucapkan terima kasih.
Akhirnya, semoga makalah sederhana ini dapat memberikan sumbangan dalam proses belajar mengajar.Selain itu , juga dapat membantu para mahasiswa menambah pengetahuan tentang Proses Keperawatan.
Amin.
                                                                                   Kudus, 11 Oktober 2010


                                                                                           Tim Penyusun   
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Proses Keperawatan"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top